Halo sobat Newbie, pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan tentang penggunaan
dasar Unity yang terkait dengan fungsi Project, Scene, GameObject, Component
dan Variable. Selain itu tutorial ini akan mengupas sedikit tentang penggunaan
Pro Builder pada Unity.
Langkah pertama buat aplikasi baru dengan Unity
dan Hierarchy Project Unity adalah sebagai berikut:
SATU PROJECT Unity, terdiri dari BEBERAPA SCENE (1-n) yang ditunjukkan pada panel Project Assets
SATU SCENE Unity, terdiri dari BEBERAPA
GAMEOBJECT (1-n) yang ditunjukkan pada panel Hierarchy
SATU GAMEOBJECT Unity, terdiri dari BEBERAPA
COMPONENT (1-n) yang ditunjukkan pada panel Inspector. Dan, SATU COMPONENT Unity, terdiri dari BEBERAPA VARIABLE (1-n) yang juga
ditunjukkan pada panel Inspector.
Pembuatan Level
Dalam tutorial kali ini kita akan mencoba membuat level sederhana dengan Unity. Caranya akses menu GameObject > 3D Object > Plane.
Dalam tutorial kali ini kita akan mencoba membuat level sederhana dengan Unity. Caranya akses menu GameObject > 3D Object > Plane.
Atur Plane di tengah kamera
Atur Scalenya 10,1,10
Buat material dengan cara klik kanan pada panel Assets > Material
Ganti warnanya misalnya menjadi MERAH silahkan jika ingin menambahkan warna-warna yang lain, sesuai yang kalian
butuhkan dengan mengikuti cara ini lagi
Pasang Material tersebut
pada Plane dengan cara drag & drop
Selanjutnya kita akan tambahkan package PRO
BUILDER. Caranya? Klik menu Window > Package Manager
Cari package PRO BUILDER dan klik INSTALL
Setelah proses instalasi selesai, akses menu
Tools > ProBuilder > ProBuilder Window
Klik icon change icon, dan pilih USE ICON MODE
Kalau tampilan menunya sudah seperti ini berarti
sudah benar.
Cara membuat Cube
Tekan ALT + Klik pada Pro Builder dan pilih objek CUBE dan Atur nilai parameter yang dibutuhkan
Atur nilai parameter yang dibutuhkan, kemudian klik build
Disini kita akan membuat labirin sederhana dengan cube tersebut, silahkan sesuaikan ukuran cuben dengan plane + sesuaikan dengan labirin yang ingin dibuat, bisa juga cube yang sudah jadi untuk di copy paste.
untuk menyesuaikan panjangnya bisa kita lihat pada gambar ini
Silakan sesuaikan kreasi labirin kalian.
Selanjutnya kita membuat Arch
untuk gerbang
Tekan ALT + Klik pada
Pro Builder dan pilih objek ARCH dan sesuaikan ukurannya
Dengan cara yang sama silakan kalian buat objek lainnya: seperti Prism,
Stair, Cylinder, Door, Pipe, CONE, Sphere, dan Torus.
Selanjutnya sesuaikan dengan labirin kalian sebagai hiasaan di dalamnya,
atau mungkin kalian bisa menggabungkannya dengan labirin kalian.
seperti yang telah dibuat disini, dan silakan
warnai sesuai kemauan kalian.
Selanjutnya adalah langkah yang paling penting yaitu download Zetcil
Variabel Model yang merupakan bagian dari Zetcil Framework jika sudah silakan import dari assets.
Import Unity package
Pasang prefab VarPlay, drag and drop kedalam stage.
Centang Mesh Rendere agar kelihatan objek dasarnya.
Selanjutnya atur posisi PANDANGAN ANDA, kira-kira
seperti pada Scene berikut.
Setelah itu klik GameObject MainCamera
Atur PANDANGAN CAMERA (kotak kecil - Camera
Preview) agar sesuai dengan PANDANGAN ANDA (kotak besar - Scene) dan klik menu
GameObject > Align With View
Catatan: Langkah ini merupakan langkah super-penting dan merupakan langkah yang akan sering anda gunakan jika melakukan desain dengan Unity. Jadi ingatlah baik-baik!
Oke, sekarang pandangannya sudah sama.
Jadikan Main Camera sebagai child dari VarPlay dengan drag and drop camera ke Var Play.
Untuk mencoba klik PLAY dan tes pergerakan dengan menekan tombol keyboard.
Sekian tutorial kali ini...
0 Komentar